Mahasiswa KKN Bantu Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Belajar Cahaya untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Mahasiswa KKN Bantu Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Belajar Cahaya untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Desa Lebeng, 12 Juli 2023 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Jenderal Soedirman melakukan program kerja yang berfokus pada pendampingan belajar siswa di Rumah Belajar Cahaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Juli 2023, dengan tujuan meningkatkan semangat belajar dan memberikan bantuan kepada siswa-siswa di Desa Lebeng.

Pada hari pelaksanaan, acara dimulai dengan perkenalan anggota KKN yang hadir di Rumah Belajar Cahaya. Selanjutnya, mahasiswa KKN dan siswa-siswa dibagi menjadi kelompok kecil berdasarkan mata pelajaran yang akan dipelajari bersama, yaitu dibagi menjadi mata pelajaran Agama dan Umum. Untuk mata pelajaran Agama, pembelajaran dilakukan oleh pihak Rumah Belajar Cahaya, sedangkan mahasiswa KKN memberikan pendampingan di pelajaran Umum.

Mahasiswa KKN membagi 3 kelompok kecil untuk bidang Umum yang dikelompokkan berdasarkan kelas. Kelompok 1 terdiri dari kelas 1-3 SD, kelompok 2 terdiri dari kelas 4-6 SD, dan kelompok 3 terdiri dari kelas 1-3 SMP. Mata pelajaran yang dipilih oleh siswa kelompok 1 adalah Matematika. Pun demikian oleh kelompok 2. Adapun kelompok 3 memilih mata pelajaran Bahasa Jawa sebagai topik belajar saat itu.

Selama sesi pendampingan belajar, suasana di Rumah Belajar Cahaya penuh dengan semangat dan antusiasme. Mahasiswa KKN dengan sabar menjelaskan materi pelajaran dan memberikan contoh-contoh yang memudahkan pemahaman siswa. Mereka juga memberikan latihan soal dan memberikan umpan balik positif kepada siswa atas usaha mereka.

Dengan adanya program pendampingan belajar ini, diharapkan siswa-siswa di Desa Lebeng dapat meningkatkan semangat belajar dan berimbas pada peningkatan prestasi akademik mereka dan memiliki akses yang lebih baik terhadap pendidikan.

Related Posts

Komentar